rss

Sunday, March 2, 2008

Warga AS Kesengsem Berita Online


NEW YORK - Sekira 70 persen sampel penduduk Amerika Serikat mengatakan bahwa jurnalisme tradisional telah kehilangan sentuhannya, dan hampir setengahnya mengatakan mereka lebih memilih internet untuk memperoleh berita.

Survei yang dilakukan We Media/Zogby Interactive ini menyimpulkan bahwa kurang lebih setengah dari 1.979 responden memilih internet untuk mendapatkan berita dan informasi, meningkat 40 persen dibandingkan tahun lalu. Disusul televisi dengan 39 persen, radio dengan 11 persen, dan 10 persen dari surat kabar.

"Hasil penelitian ini memberikan sedikit refleksi berapa banyak orang yang peduli dengan jurnalisme dan mengerti bahwa jurnalisme dapat mengubah hidup mereka," kata juru bicara iFOCOS Andrew Nachison, seperti dilansir Reuters, Minggu (2/3/2008).

Lebih dari setengah user yang "menguasai" internet dan sebagian besar dari mereka memanfaatkannya untuk mencari berita dan informasi berkisar antara usia 18 hingga 29 tahun. Sedangkan, sekira 35 persen lebih berusia 65 tahun ke atas.

"Publik seringkali tidak mengerti dan peduli dengan sumber berita Google News atau Yahoo News yang menarik berita dari sumber-sumber seperti surat kabar, televisi, radio, dan sumber-sumber lainnya," ujar analis Poynter Institute Florida Howard Finberg, yang juga terlibat dalam riset.

"Selama semuanya disajikan secara online, saya kira masyarakat menilai informasi tersebut berkualitas dan cepat," imbuhnya.

Finberg percaya hasil survei ini juga dapat dijadikan rujukan bagi perusahaan-perusahaan raksasa media untuk lebih memfokuskan pada isu-isu lokal dalam penyajian berita.

- okezone -

0 Komentar:


Post a Comment

Masukan komentar kamu

 
Sitemeter

Recent Comment

Followers