rss

Thursday, July 17, 2008

Software Gratis untuk Lacak Notebook Hilang

JAKARTA, RABU – Bagi banyak orang, kehilangan notebook bisa berarti kehilangan sebagian dirinya. Maklum di notebook itu tersimpan berbagai hal pribadi maupun yang menyangkut pekerjaan, termasuk musik, dokumen, foto, e-mail.

Maka berterima kasihlah pada para peneliti di University of Washington dan University of California, San Diego yang menemukan cara untuk mengembalikan ‘hidup’ Anda melalui layanan pelacak notebook bernama Adeona. Berita baiknya, Adeona ini gratis dan bersifat pribadi.

Begini cara kerja software yang namanya diambil dari nama dewi Romawi.yang memandu anak-anak kembali ke orang tuanya. Download-lah software client yang gratis dari Adeona (http:// adeona.cs.washington.edu) ke sebuah notebook. Software kemudian secara anonim mengirimkan catatan tersandi tentang keberadaan notebook ke server-server di Internet.

Jika notebook itu hilang, pengguna tinggal men-download program lain, memasukkan username dan password, kemudian mengambil informasi tersebut dari server, khususnya layanan storage gratis yang disebut OpenDHT.

Pada versi Mac Adeona, snapshot dari siapa pun yang sedang menggunakan notebook yang hilang itu bahkan bisa diambil melalui program freeware yang disebut isightcapture.

Sayangnya Adeona yang berlisensi open source ini tidak bisa memberikan alamat dan nomor telepon si pencuri. Yang disediakannya adalah alamat IP terakhir yang digunakan, berikut data tentang router yang dipakai untuk terkoneksi ke Internet.

Berbekal informasi tersebut, tutur Tadayoshi Kohno (assistant professor di University of Washington), seharusnya pihak berwajib bisa melacak si tangan panjang. Namun menurut Aviel Rubin, seorang profesor di Johns Hopskins University, tidak semua informasi yang didapat memadai untuk bisa menemukan notebook atau menangkap si pencuri. “Namun ini sudah merupakan sebuah langkah besar. Sebab tanpa ini, notebook Anda mungkin tak bisa kembali,” tegasnya.

Selain Adeona, sudah ada produk komersial (berbayar) serupa, misalnya Lojack for Laptops dari Absolute Software dan PC PhoneHome dari Bigradoon. Di AS, Absolute Software juga sudah menjalin kerjasama dengan polisi untuk urusan kehilangan notebook. Dibandingkan Adeona, fitur Lojack juga lebih kaya. Namun Lojack maupun PC PhoneHome tidak gratis. Lojack menarik biaya US$ 40 per tahun, sedangkan PC PhoneHome mengutip US$ 30.
sumber: kompas.com

1 Komentar:

info ponsel on June 28, 2009 at 3:42 PM said...

mungkin fungsinya seperti Mobile Tracker dihenpon samsung kali ya?
thanks:)


Post a Comment

Masukan komentar kamu

 
Sitemeter

Recent Comment

Followers