rss

Friday, April 25, 2008

AT&T: Trafik Internet 2010 Penuh!

LONDON - Raksasa telekomunikasi Amerika Serikat AT&T mengklaim bahwa tanpa investasi lebih lanjut, maka arsitektur jaringan internet yang ada saat ini kapasitasnya akan penuh pada 2010.

Vice president of legislative affairs AT&T Jim Cicconi mengatakan demikian pada acara Wesminster eForum on Web 2.0 minggu ini di London. Dia memperingatkan bahwa sistem jaringan internet yang ada saat ini tidak akan mampu menampung arus deras video dan berbagai konten besar yang diupload user.


"Gelombang yang berlangsung di tengah perubahan dramatis dunia maya akan berdampak pada internet hari ini," kata Jim, yang dikutip ZDnet, Kamis (24/4/2008).

Cicconi, yang juga berbicara di depan para aparatur pemerintah Inggris saat itu, mengatakan setidak-tidaknya pemerintah Amerika Serikat membutuhkan investasi sebesar USD55 miliar untuk membangun infrastruktur baru dalam tiga tahun ke depan, dan sekira USD130 miliar untuk improvisasi jaringan global. "Kita harus siap mengembangkan kapasitas fisik di internet mulai 2010," katanya.

Cicconi juga mengklaim bahwa gelombang baru broadband juga akan meningkat pesat pada 2015, dan AT&T mengaku sudah berinvestasi sebesar USD19 miliar untuk improvisasi dan mempercanggih jaringan backbonenya. Pernyataan Cicconi tersebut dilatarbelakangi oleh demand akan video berdefinisi tinggi (HD) terus-menerus bertumbuh pesat pada infrastruktur internet.

"Ada sekira delapan jam video yang diupload ke YouTube tiap menitnya. Semuanya akan bergeser menjadi video High-Definition, yang mana bisa memakan tujuh hingga sepuluh kali lipat bandwidth video hari ini," jelas Cicconi.

"Ya, 80 persen dari total trafik di internet pada 2010 nanti adalah file video, sekira 30 persen lebih besar dari hari ini," pungkasnya.

sumber: Okezone

0 Komentar:


Post a Comment

Masukan komentar kamu

 
Sitemeter

Recent Comment

Followers